Rayap

Pengertian Rayap

Rayap merupakan jenis serangga yang mudah untuk dijumpai. Selain itu, rayap juga kerap dianggap sebagai hama yang merusak benda yang berada di dalam rumah yang biasanya terbuat dari kayu. Oleh karena itu rayap kerap tidak disukai oleh sebagian orang.

Jenis Rayap diklasifikasikan ada 3 kategori sesuai dengan kebiasaan bersarang dan makan mereka

Rayap Tanah

Rayap merupakan jenis serangga yang mudah untuk dijumpai. Selain itu, rayap juga kerap dianggap sebagai hama yang merusak benda yang berada di dalam rumah yang biasanya terbuat dari kayu. Oleh karena itu rayap kerap tidak disukai oleh sebagian orang.Rayap tanah adalah serangga sosial yang hidup di dalam sebuah koloni yang terdiri dari banyak individu. Mereka ditemukan di seluruh daerah di Indonesia dan merupakan jenis rayap paling umum yang ditemukan di bangunan rumah.

Rayap tanah harus berada di dekat sumber kelembaban untuk bertahan hidup. Mereka akan membangun sarang di dekat tanah di mana mereka dapat dengan mudah memperoleh kelembaban dari tanah.

Mereka membuat terowongan melalui tanah untuk mengakses tanah atau kayu yang lembab. Pada musim kemarau terowongan mereka akan menjadi lebih dalam ke tanah untuk mencapai kelembaban.

Rayap Kayu Kering

Rayap kayu kering hidup di dalam koloni kecil, biasanya kurang dari 1,000 individu dan seluruhnya hidup di dalam potongan kayu.

Mereka tidak seproduktif beberapa jenis rayap yang lain, namun gejala kerusakan yang ditimbulkannya dapat menjadi substansial karena kerusakan yang mereka timbulkan tidak akan terdeteksi untuk waktu yang lama sebelum mereka ditemukan.

Jenis rayap ini tidak memerlukan kontak dengan tanah dan lebih memilih daerah dengan kadar air yang rendah.

Rayap Kayu Basah

Rayap kayu basah biasanya menempati kayu yang membusuk yang tetap lembab dan basah karena adanya kontak dengan tanah atau hal lain yang menunjangnya, misalnya melalui kebocoran air di sebuah bangunan.

Mereka paling mungkin untuk bersarang pada kayu yang berada di area outdoor, seperti pohon, tunggul atau kayu yang bersentuhan dengan tanah.

Kasta Koloni Rayap

Koloni rayap terdiri atas bermacam-macam kelompok individu, dan masing-masing dari kelompok individu memiliki fungsi atau tugas yang berbeda satu dengan lainnya.

Kasta atau tingkatan koloni rayap termasuk:

  • Ratu & raja rayap
  • Rayap pekerja
  • Rayap prajurit
  • Alate atau rayap bersayap

Ratu & Raja Rayap

Fungsi utama ratu dan raja dalam koloni rayap adalah sebagai pemberi kehidupan koloni dengan cara bereproduksi. Memulai hidupnya sebagai laron, mereka meninggalkan koloni induk mereka untuk jatuh ke tanah dan melepaskan sayapnya untuk mencari tempat untuk bersarang. Mereka merawat anak-anak mereka hingga mampu mengambil alih tugas di koloni.

Rayap Pekerja

Kasta rayap pekerja memiliki jumlah terbanyak di dalam suatu koloni rayap. Rayap pekerja berperan sebagai pemberi kehidupan kepada koloni dan dalam melakukan pekerjaannya mereka menyebabkan kehancuran pada struktur dan bangunan.

Rayap pekerja akan melakukan segalannya (kecuali mempertahankan koloni & bereproduksi), misalnya seperti:

  • Memberi makan dan merawat koloni
  • Menggali sarang
  • Membangun terowongan (mud tubes)

Rayap Prajurit

Rayap prajurit bertugas untuk mempertahankan koloni terhadap serangan musuh atau predator seperti semut. Kasta rayap satu ini dilengkapi dengan rahang besar dan cairan lengket atau semprotan kimia dalam melakukan pertahanan diri.

Alate / Rayap Bersayap

Alate atau yang lebih dikenal dengan sebutan laron atau rayap bersayap oleh kebanyakan orang Indonesia merupakan ratu dan raja rayap di masa depan yang bertugas untuk keluar dari sarangnya dan mendirikan koloni baru.

Laron jantan dan betina biasanya berpasangan dan mencari lingkungan yang ideal untuk kawin. Karena bentuknya yang mirip, laron seringkali disalahartikan sebagai ngengat atau semut terbang.

Hubungi Kami PT Keraton alam Indonesia Memberikan Pelayanan Jasa Anti Rayap di bidang pembasmi Anti Rayap, untuk info lebih lanjut hubungi kami di nomor 0858-8016-4717/021-53650083

Hubungi Kami