Tips Membasmi Kutu Busuk

Pengertian Bedbugs (Kutu Busuk)

Bedbugs atau kutu busuk adalah serangga parasit kecil berwarna coklat kemerahan yang biasanya menggigit kulit manusia atau hewan yang sedang tidur untuk mengisap darah. Pada umumnya, bedbugs tidak hanya teridentifikasi sebagai penyebar penyakit, namun juga dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan dan ekonomi masyarakat.

Ukuran bedbugs yang sangat kecil biasanya dijumpai di celah-celah tempat tidur, rangka tempat tidur, kasur, dan objek lainnya di sekitar tempat tidur. Bedbugs biasanya berada di tempat, seperti hotel, rumah sakit, ataupun penampungan tunawisma. Mereka aktif pada malam hari dan menggigit orang atau hewan lainnya ketika sedang tidur. Dalam kurun 3 hingga 10 menit, kutu busuk dapat membesar dan kemudian pergi tanpa diketahui.

Gejala Bedbugs (Kutu Busuk)

Untuk mengetahui gejala gigitan kutu busuk sangat sulit, sebab adanya kecenderungan gigitan dari serangga lain. Gejala umum dari gigitan kutu busuk adalah sebagai berikut:

  • Gatal
  • Merah
  • Biasanya lokasi gigitan terletak di wajah, leher, lengan, dan tangan.

Kutu busuk pada umumnya memberikan efek yang sangat gatal dan sensasi terbakar pada kulit setelah gigitannya. Pengidap mungkin tidak merasa ketika kutu busuk menggigit karena mereka mengeluarkan sejumlah kecil anestesi (sejenis obat bius) ke tubuh korban sebelum mereka menggigit. Apabila gigitan kutu busuk digaruk, hal tersebut meningkatkan resiko infeksi sekunder yang dapat menyebabkan pembengkakan dan pendarahan.

Beberapa orang memiliki kekebalan tubuh untuk tidak bereaksi terhadap gigitan kutu busuk. Namun untuk sebagian orang, gigitan kutu busuk memberikan reaksi alergi, sehingga menyebabkan gatal parah, lepuh, ataupun gatal-gatal. Bahkan, reaksi gigitan kutu busuk dapat tertunda hingga sembilan hari sejak awal gigitan.

Gigitan kutu busuk yang intens dapat menyebabkan infeksi kulit sekunder pada kasus yang parah. Keluhan akibat gigitan kutu busuk yang berat juga dapat diidentifikasi dengan adanya bau manis dan bercak darah di kasur dan perabot di sekitarnya. Jika seseorang memiliki kutu busuk di area rumah, maka pembasmian profesional sangat disarankan.

Penyebab dan Faktor Bedbugs (Kutu Busuk)

Penyebab timbulnya kutu busuk dapat dikaitkan dengan:

  • Perjalanan travel internasional maupun domestik.
  • Perubahan dalam praktik pengendalian hama.
  • Resistensi insektisida.

Kutu busuk tidak peduli dengan lingkungan yang bersih maupun kotor. Mereka membutuhkan tempat yang hangat dan persembunyian.

Faktor yang menjadi risiko infestasi kutu busuk adalah tempat yang memiliki mobilitas pergantian hunian yang tinggi, seperti:

  • Kompleks apartemen.
  • Kamar asrama.
    Tempat penampungan tunawisma.
  • Hotel.
  • Kapal pesiar.
  • Kereta dan bus.
  • Kamp-kamp pengungsi.

Pencegahan Bedbugs (Kutu Busuk)

Area yang mengandung kutu busuk harus dibasmi dengan insektisida yang sesuai dengan standar prosedur. Piretroid sintesis adalah salah satu produk yang bisa digunakan untuk perawatan kutu busuk. Namun, pada kondisi yang berat disarankan untuk menghubungi perusahaan pengendalian hama. Berikut adalah cara untuk mencegah kutu busuk tetap bersarang:

  • Observasi area di mana kutu busuk biasa bersembunyi, termasuk memindahkan kasur dari bingkai tempat tidur.
  • Menggunakan produk perawatan untuk kutu busuk dan mengulangi perawatan hingga berhasil.
  • Bersihkan seluruh bagian yang terinfestasi termasuk kasur dan tempatkan isi kantong penyedot debu dalam kantong plastik tertutup untuk dibuang.
  • Barang, seperti pakaian atau alas tidur yang dicurigai terinfeksi harus dicuci dengan air panas atau setrika. Kasur tergolong susah untuk perawatan efektif dan membutuhkan tenaga khusus dari perusahaan pengendalian hama.
  • Kurangi retakan dan celah agar kutu busuk tidak bersembunyi.
  • Kutu busuk seringkali sulit untuk diberantas, karena tempat persembunyiannya sulit ditemukan atau tidak dapat diakses.

Cara Membasmi Kutu Busuk dan Menghilangkan Kutu Busuk

1. Periksa Setiap Sudut Rumah

Langkah awal yang harus diambil adalah segera periksa segala sudut rumah Anda. Lebih awal Anda menemukannya, maka penyebaran kutu busuk bisa ditanggulangi.

Kutu biasanya hinggap di pinggiran dan permukaan kasur, di celah dinding atau lantai, pinggiran furnitur rumah, hingga di bawah lukisan maupun poster di dinding.

Gunakan senter dan kaca pembesar untuk memeriksa semua area tersebut. Tanda adanya kutu busuk adalah sebagai berikut.

  • Kutu dewasa hidup berwarna kemerahan dan berukuran sedikit panjang, ada juga yang sedikit bulat.
  • Kutu muda bisa berwarna kuning telur pucat, seperti kulit telur dan bentuknya kecil.
  • Ada bintik-bintik hitam kecil di kasur menandakan kotoran kutu busuk yang pernah berkeliaran.

2. Begitu kutu ditemukan, segera tangkap dan kumpulkan

Ada baiknya begitu Anda menemukan cukup banyak kutu, langsung musnahkan dulu sebelum lanjut berburu sarangnya.

Jika jumlahnya sedikit dan memungkinkan, masukkan kutu-kutu tangkapan Anda ke dalam botol tertutup yang telah diisi dengan satu sendok teh alkohol gosok.

Akan tetapi, jika jumlahnya banyak, gunakan penyedot debu.

Sedot bagian atas dan sisi-sisi tempat tidur Anda, lemari dan celah-celahnya, karpet, elektronik dan pinggirannya, dan celah-celah rumah lainnya.

Selanjutnya, segera tuang debu yang terkumpul dalam vacuum cleaner ke dalam kantung plastik tertutup, tuang beberapa sendok alkohol dan buang jauh.

Setelah itu, bersihkan alat penyedot debu Anda secara menyeluruh.

3. Jemur di bawah sinar matahari

Cara lain untuk menghilangkan atau membasmi kutu kasur adalah menjemur semua benda yang terkontaminasi kutu.

Setelah dibasmi dengan alkohol atau vacuum cleaner, jemur kasur atau spring bed, bantal dan guling, taplak meja, serta sofa yang dihinggapi kutu.

Terik sinar matahari dapat membantu membunuh kutu yang bersarang.

4. Cuci dengan air panas

Perlengkapan tempat tidur lainnya seperti seprai, sarung bantal-guling, selimut, bed cover bisa segera Anda cuci dengan air panas.

Cara yang sama juga berlaku jika Anda ingin membasmi kutu kasur dari taplak meja, gorden, boneka berbulu, hingga pakaian.

Pastikan benda-benda tersebut dipisahkan dari barang-barang yang bersih. Cuci di mesin cuci dengan air panas dan segera keringkan kembali di mesin cuci.

5. Simpan benda di tempat tertutup rapat

Jika kutu bersemayam di barang-barang yang tidak bisa dicuci, seperti di tumpukan buku dan majalah, bersihkan dan tutup rapat seluruhnya dengan plastik.

Hal ini penting agar kutu lama kelamaan akan mati kehabisan udara dan tidak ada lagi kutu baru yang bisa masuk. Bila perlu, taburkan silica gel di dalam tempat penyimpanan.

Jika barang tersebut memungkinkan untuk dibuang, sebaiknya dibuang.

Hindari memindahkan barang dari ruangan yang terinfeksi kutu ke kamar atau ruangan yang bersih. Cara ini justru membuat kutu makin menyebar.

6. Perbaiki tembok atau lantai yang retak

Cara lain untuk membasmi kutu atau tungau kasur adalah memperhatikan tembok serta lantai rumah.

Apabila terdapat retakan di tembok atau lantai, segera perbaiki dengan cara ditambal. Hal ini bertujuan agar kutu tidak memiliki tempat persembunyian di rumah Anda.

Jika Anda menemukan kutu bersarang di retakan tersebut, jangan tunda untuk membasminya. Sebaiknya gunakan vacuum cleaner untuk menyedot kutu hingga tuntas.

7. Membasmi kutu kasur dengan suhu dingin

Kutu kasur juga bisa Anda basmi dengan suhu yang ekstrem, yaitu di bawah -18 derajat Celsius.

Anda bisa memakai freezer untuk membasmi kutu yang hinggap di benda-benda berukuran lebih kecil, seperti buku, tas, atau pakaian.

Namun, cara ini membutuhkan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar kurang lebih 4 hari hingga kutu kasur benar-benar mati beku.

Selain itu, usahakan pisahkan barang-barang yang terkena kutu dengan bahan makanan yang masih bersih

Hal ini bertujuan untuk mencegah kutu menyebar ke bahan makanan Anda.

8. Pasang double tape

Untuk mencegah kutu merayap ke kasur, Anda bisa memasang double tape di setiap sisi tempat tidur.

Dengan cara ini, kutu kasur yang memanjat naik akan terjebak di double tape dan ini kesempatan Anda untuk menghilangkan atau membasmi makhluk kecil tersebut.

Selain di tempat tidur, Anda bisa merekatkan double tape di sekitar furnitur yang lain, seperti sofa.

9. Menghilangkan kutu kasur dengan minyak esensial

Pemakaian minyak esensial alias essential oil juga dipercaya efektif mengurangi keberadaan kutu kasur.

Beberapa jenis minyak esensial, seperti lavender, dapat membuat kutu kasur merasa tidak nyaman, bahkan mati.

Selain lavender, Anda dapat memilih minyak esensial dari bahan lain, seperti tea tree oil, peppermint, serai, cengkeh, atau daun thyme.

10. Gunakan cuka untuk membunuh kutu

Cara berikutnya untuk menghilangkan atau membasmi kutu kasur yang membandel adalah menyemprotkan larutan cuka.

Cuka dipercaya ampuh membasmi kutu berkat kandungan asamnya yang kuat. Tak hanya efektif, cuka juga termasuk bahan rumahan yang mudah didapat.

Berikut adalah langkah-langkah membuat larutan cuka untuk membunuh kutu kasur.

  1. Campurkan cuka dan air dengan takaran 50:50. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat 1 botol larutan, isi dengan setengah air dan setengah cuka.
  2. Masukan larutan tersebut ke air yang dilengkapi dengan semprotan.
  3. Kocok larutan hingga tercampur sempurna.
  4. Larutan cuka siap digunakan untuk membasmi kutu.

11. Semprot insektisida jika diperlukan

Jika cara-cara di atas tidak mempan membasmi kutu busuk, semprot rumah Anda dengan insektisida.

Insektisida yang ampuh untuk membunuh koloni kutu harusnya mengandung salah satu bahan kimia di bawah ini.

  • Pyrethrins dan pyrethroids (di beberapa tempat, kutu sudah resisten dengan bahan kimia ini).
  • Neonicotinoid (bekerja pada kutu yang sudah resisten dengan pestisida lainnya).
  • Desiccants (kutu tidak resisten dengan bahan kimia ini, tetapi efektivitasnya lambat)

Bila kasus kemunculan kutu kasur terus berulang, sebaiknya Anda memanggil petugas profesional pengendali hama.

Tenaga profesional pengendali hama memiliki alat perlengkapan lebih lengkap dan obat pembasmi kutu lebih kuat sehingga bisa lebih efektif membasmi kutu busuk.

Hubungi Kami

Hubungi Kami PT Keraton alam Indonesia Memberikan Pelayanan Jasa Pest Control di bidang pembasmi hama kutu busuk atau bedbugs, untuk info lebih lanjut hubungi kami di nomor 0858-8016-4717/021-53650083

Hubungi Kami